Putu Bagus Kresna, Putrawan (2025) Evaluasi Situs Web Kejaksaan Tinggi Bali dengan Metode Cognitive Walkthrough, Heuristic Evaluation, dan User Experience Questionnaire. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2129101047-COVER)
2129101047- COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (2129101047-ABSTRAK)
2129101047-ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text (2129101047-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129101047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text (2129101047-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129101047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2129101047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129101047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2129101047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129101047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2129101047-BAB 5 PENUTUP)
2129101047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2129101047-DAFTAR PUSTAKA)
2129101047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (2129101047-LAMPIRAN)
2129101047-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Situs web Kejaksaan Tinggi Bali merupakan kanal pelayanan hukum di lingkungan Bali yang belum pernah dievaluasi sejak 2018. Studi pendahuluan mengungkap beberapa keluhan pengguna terkait fitur krusial yang tidak berfungsi, seperti alur yang membingungkan dan panduan yang kurang jelas. Hal ini dapat menghambat akses publik terhadap proses hukum dalam mencari keadilan. Untuk tujuan tersebut, fitur yang terdapat pada situs web dievaluasi melalui penelitian dengan menerapkan metode panduan kognitif, evaluasi heuristik, dan User Experience Questionnaire (UEQ). Proses evaluasi melibatkan 10 pengguna umum untuk mengukur kinerja skenario tugas, 3 ahli untuk identifikasi masalah kualitatif, dan 23 responden kuesioner untuk mengukur persepsi dari pengalaman pengguna, yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu evaluasi desain awal, pengembangan prototipe, dan evaluasi desain akhir. Uji kebergunaan desain awal menunjukkan masalah signifikan. Banyak terjadi kegagalan dalam menjalankan skenario tugas pada fitur pengaduan masyarakat, dengan nilai rerata tingkat keparahan 3,27 yang berada pada kategori kritis. Selain itu, aspek kejelasan dan ketepatan mendapatkan kategori di bawah rata-rata, yang mana 50% produk pada dataset lebih buruk dibandingkan situs web Kejaksaan Tinggi Bali. Penelitian ini menghasilkan usulan revisi desain web dan sudah diimplementasikan. Uji kebergunaan desain akhir yang berhasil meningkatkan kepuasan pengguna berdasarkan aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cognitive Walkthrough, Kebergunaan, Kejaksaan, Evaluasi, Kepuasan Pengguna, Evaluasi Heuristik, Situs Web, UEQ |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | Putu Bagus Kresna Putrawan |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 00:21 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 00:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |