TRANSLANGUAGING DONEBY THE ENGLISH TEACHERS IN ELT IN AFFIRMATION AREAWITH CONDITION OF LOW ENGLISH EXPOSURE OF KABUPATEN SIKKA

Nimanuho, Maria Salvatrix B. B. (2025) TRANSLANGUAGING DONEBY THE ENGLISH TEACHERS IN ELT IN AFFIRMATION AREAWITH CONDITION OF LOW ENGLISH EXPOSURE OF KABUPATEN SIKKA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329081022-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329081022-ABSTRAK.pdf

Download (505kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329081022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329081022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329081022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
2329081022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329081022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329081022-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Nimanuho, Maria Salvatrix B B, (2025). Translanguaging done by Teachers in ELT in Affirmation Areas with the condition of Low English Exposure of Kabupetan Sikka. Program studi pendidikan bahasa Inggris program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Studi-studi terkini telah menganalisis dan membedah bahwa translanguaging adalah fenomena yang muncul dan diterapkan baru-baru ini dalam pedagogi Bahasa Inggris, sebagai salah satu jembatan bagi Pendidik Bahasa Inggris. Studi- studi tersebut menghasilkan kebaikan dari aplikasi translanguaging, yang mengambil tempat dan subjek yang berbeda. Oleh karena itu, studi ini terus memeriksa produksi translanguaging, khususnya di tempat-tempat di mana bahasa daerah masih ada dan memengaruhi dialek penduduk setempat, juga bertujuan untuk mengetahui apakah keberadaannya secara otomatis memengaruhi proses translanguaging dalam ELT. Data diambil dari dua sekolah menengah atas, SMA Negeri 1 Maumere dan SMA Negeri 1 Waigete yang terletak di tempat yang dikategorikan sebagai 3T (Tertinggal/terbelakang, Terluar/terluar, Terdepan/terdepan) juga dikenal sebagai daerah afirmasi di mana bahasa daerah lebih banyak dituturkan daripada bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Partisipan adalah dua Guru Bahasa Inggris dari setiap sekolah dan siswa yang berada di bawah pengajaran mereka. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara semi-terstruktur dengan para guru dan observasi. Hasil observasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa selama proses ELT, guru mengganti bahasa dengan menggunakan bahasa Indonesia dan dialek lokal, bahkan terkadang menggunakan bahasa daerah, terutama di wilayah afirmasi yang lebih pedesaan. Hal ini menyiratkan bahwa mengenali dan merangkul penggunaan beragam bahasa yang fleksibel dalam lingkungan pendidikan dapat meningkatkan fleksibilitas kognitif dan pemahaman budaya, sehingga mendorong pendekatan pembelajaran yang lebih holistik. Kata Kunci Translanguaging, Pembelajaran Bahasa Inggris, Daerah Afirmasi, Bahasa Daerah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Translanguaging, ELT Pedagogy, Affirmation Areas, Vernacular, Translanguaging, Pembelajaran Bahasa Inggris, Daerah Afirmasi, Bahasa Daerah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Maria Salvatrix Birri Bolen Nimanuho
Date Deposited: 11 Aug 2025 08:23
Last Modified: 11 Aug 2025 08:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26812

Actions (login required)

View Item View Item