Yani, Yani (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INKUIRI BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAHAU DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329071026-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329071026-ABSTRAK.pdf Download (516kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329071026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329071026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2329071026-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329071026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329071026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329071026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329071026-LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Pembelajaran sains yang masih didominasi dengan menggunakan metode ceramah serta keterbatasan bahan ajar kontekstual berdampak pada rendahnya minat belajar, hasil belajar, dan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan e-modul berbasis inkuiri yang terintegrasi dengan kearifan lokal Bahau dengan kualifikasi valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi sains dan hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini, aadalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap Define melibatkan analisis kebutuhan materi dan karakteristik peserta didik. Tahap Design meliputi perancangan media dan format e-modul. Pada tahap Develop, dilakukan uji validitas oleh ahli materi, media, dan budaya, dan uji kepraktisan. Tahap Disseminate, dilakukan formative testing terbatas dan penyebarluasan e-modul. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi (nilai Gregory = 1,00). Uji kepraktisan menunjukkan persentase sebesar 93,81%. Hasil formative testing terbatas terhadap 30 siswa Kelas VII SMPN 1 Long Pahangai menunjukkan kelayakan e-modul inkuiri dengan N-gain score 0,50 pada literasi sains dan N-gain score 0,43 pada hasil belajar, keduanya berada pada kategori sedang, sehingga e-modul layak dalam membantu meningkatkan literasi sains dan hasil belajar. Hasil uji efektivitas menunjukkan rata-rata pencapaian literasi sains sebesar 72,27 (SD=5,95) dengan ketuntasan 87,78%, serta penilaian hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 71,83 (SD=7,39), dengan ketuntasan 74,44%, serta 66,67% siswa mencapai kategori baik. Pencapaian hasil literasi sains dan hasil belajar siswa yang telah melebihi KKTP (70) menunjukkan e-modul inkuiri berbasis kearifan lokal Bahau efektif meningkatkan literasi sains dan hasil belajar. Dengan demikian, e-modul inkuiri berbasis kearifan lokal terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi sains dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Inkuiri Terbimbing, Kearifan Lokal Bahau, Hasil Belajar, dan Literasi Sains. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | yani |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 00:49 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 00:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |