Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Berdasarkan Gaya belajar Kolb Pada Sekolah Penggerak di Kota Singaraja

Ariani, Ni Luh Putu Eka Swandewi (2025) Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Berdasarkan Gaya belajar Kolb Pada Sekolah Penggerak di Kota Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013041024-COVER.pdf

Download (315kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013041024-ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013041024-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan bernalar kritis siswa dalam pembelajaran Biologi berdasarkan gaya belajar Kolb, yang terdiri atas empat tipe yaitu diverger, converger, assimilator, dan accommodator. Kemampuan bernalar kritis merupakan keterampilan penting yang mendukung proses pembelajaran abad ke-21, terutama dalam memahami konsep-konsep biologi yang kompleks dan dinamis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa fase F dari dua sekolah penggerak, yaitu SMAN 3 Singaraja dan SMAN 4 Singaraja. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tiga instrumen utama, yakni angket gaya belajar untuk mengidentifikasi preferensi belajar siswa, tes kemampuan bernalar kritis untuk mengukur tingkat pemahaman dan penalaran, serta angket observasi untuk memperkuat data dari hasil tes. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan bernalar kritis antar gaya belajar. Siswa dengan gaya belajar diverger memperoleh rata-rata skor sebesar 75% dan dikategorikan baik. Sementara itu, siswa dengan gaya belajar converger menunjukkan rata-rata tertinggi sebesar 85,22%, diikuti oleh accommodator sebesar 81,01%, dan assimilator sebesar 80,63%, yang semuanya masuk dalam kategori sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa gaya belajar dapat memengaruhi tingkat kemampuan bernalar kritis siswa, dengan gaya belajar converger menjadi tipe yang paling menonjol dalam mendukung pengembangan kemampuan bernalar kritis. Implikasi dari hasil ini dapat menjadi acuan dalam merancang strategi pembelajaran yang adaptif terhadap preferensi gaya belajar siswa guna mengoptimalkan proses berpikir kritis dalam pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bernalar kritis, biologi, gaya belajar kolb, sekolah penggerak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Eka Swandewi Ariani
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:33
Last Modified: 12 Aug 2025 01:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26834

Actions (login required)

View Item View Item