Setiawan, Dewa Putu Reza (2020) KONTRIBUSI TIPE POLA ASUH DEMOKRATIS DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS I GUSTI NGURAH JELANTIK KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031240-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031240-ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031240-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (507kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031240-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031240-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031240-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031240-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031240-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031240-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penerapan tipe pola asuh demokratis dan kualitas disiplin belajar siswa terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SDN gugus I Gusti Ngurah Jelantik, Kecamatan Denpasar Utara, tahun ajaran 2019/2020. Adapun jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan desain penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 175 siswa. Pengambilan sampel berdasarkan populasi yang ada menggunakan teknik proporsional random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel yakni sebanyak 118 siswa. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuisioner untuk memperoleh data tentang penerapan tipe pola asuh demokratis dan data disiplin belajar, sedangkan untuk memperoleh data tentang kompetensi pengetahuan matematika dilakukan dengan menggunakan metode pencatatan dokumen. Pengujian terhadap hipotesis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi ganda adalah diperoleh persamaan Ŷ = 8.205 + 0.958X1 + 0.358X2 dan diperoleh hasil hitung yakni Fhitung = 84.209 > Ftabel =3.075. Persentase kontribusi yang diberikan oleh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat yakni sebesar 59.5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan tipe pola asuh demokratis dan disiplin belajar terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SDN gugus I Gusti Ngurah Jelantik Kecamatan Denpasar Utara, tahun ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh demokratis, disiplin, matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | DEWA PUTU REZA SETIAWAN |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 23:41 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 23:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2684 |
Actions (login required)
View Item |