ANGGRAYENI, NI KOMANG (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2229171008-COVER.pdf Download (503kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2229171008-ABSTRAK.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2229171008-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap perkembangan keterampilan berbicara dan matematika pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang masing-masing diberikan pre-test dan post-test. Kelompok eksperimen diberi perlakuan melalui pembelajaran NHT berbantuan media audio visual. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan dokumentasi, yang digunakan untuk menilai keterampilan berbicara dan kemampuan matematika anak. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media audio visual terhadap perkembangan keterampilan berbicara dan matematika anak usia dini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi model pembelajaran aktif dan media yang menarik mampu meningkatkan minat, pemahaman, dan partisipasi anak secara optimal dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Number Head Together, media audio visual, keterampilan berbicara, matematika, anak usia dini |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Manajemen (S2) |
Depositing User: | Ni Komang Anggrayeni |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:44 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |