Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bola Voli pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri No 1 Mambal

Nanda, I Kadek Adi Sukma (2025) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bola Voli pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri No 1 Mambal. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2016011020-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2016011020-ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2016011020-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing atas dan passing bawah dalam permainan bola voli melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas VI SD Negeri No. 1 Mambal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar pada aspek pengetahuan mencapai 83,3% dan keterampilan 70,8%. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan, dengan ketuntasan aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Selain itu, keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran juga meningkat.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada peserta didik kelas VI SD Negeri No. 1 Mambal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Passing Bola Voli
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Kadek Adi Sukma Nanda
Date Deposited: 12 Aug 2025 15:20
Last Modified: 12 Aug 2025 15:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26902

Actions (login required)

View Item View Item