THE EFFECT OF TONGUE TWISTER STRATEGY ON ENGLISH PRONUNCIATION AND FLUENCY OF WIDIATMIKA ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS

Costa, Yuliana Maria Da (2025) THE EFFECT OF TONGUE TWISTER STRATEGY ON ENGLISH PRONUNCIATION AND FLUENCY OF WIDIATMIKA ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329081002-COVER.pdf

Download (631kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329081002-ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329081002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (412kB)
[img] Text (BAB 2 KANJIAN TEORI)
2329081002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329081002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329081002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329081002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329081002-LAMPIRAN.pdf

Download (765kB)

Abstract

Studi ini menyoroti efek strategi tongue twister terhadap pengucapan dan kelancaran siswa kelas empat Sekolah Dasar Widiatmika, Jimbaran, Bali. Studi ini menggunakan desain eksperimen dengan 43 siswa dibagi menjadi dua kelompok, termasuk kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan Sensay dan kelompok kontrol yang diajarkan secara konvensional. Hasil studi, menggunakan analisis MANOVA satu arah, menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam keterampilan pengucapan dan kelancaran antara kedua kelompok, dengan kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi (Wilks' Lambda, Sig. = .000, Partial Eta Squared = .259). Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa strategi tongue twister menggunakan Sensay memiliki efek yang signifikan terhadap keterampilan pengucapan dan kelancaran bahasa Inggris siswa, serta meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa, menjadikannya strategi yang berharga dalam pendidikan bahasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelafalan, Kefasihan, Tongue Twister, Sensay
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Yuliana Maria Da Costa
Date Deposited: 12 Aug 2025 14:36
Last Modified: 12 Aug 2025 14:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26903

Actions (login required)

View Item View Item