Ismardani, Made Debita (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031366-COVER.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031366-ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031366-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031366-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031366-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031366-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031366-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031366-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031366-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi materi perkembangbiakan tumbuhan siswa kelas V Sekolah Dasar yang berfokus pada rancang bangun, validitas, kepraktisan, dan efektivitas media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner dan tes esai. Keefektifan video animasi diukur menggunakan desain one group pretest – posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun media video animasi sudah baik dan sistematis dengan melewati tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi; (2) media video animasi yang dikembangkan memperoleh skor sebesar 95% dari ahli materi dan 96,19% dari ahli media, yang tergolong dalam kualifikasi sangat valid; (3) kepraktisan video animasi berdasarkan hasil uji coba perorangansebesar 90,95% dan uji kelompok kecil sebesar 92,10%, keduanya termasuk dalam kategori sangat praktis; (4) nilai signifikan (2-tailed) pada uji Paired Sample T-Test memperoleh skor sebesar 0,000 < 0,05, sehingga media video animasi ini valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV, khusunya pada materi perkembangbiakan tumbuhan di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video animasi, berpikir kreatif, perkembangbiakan tumbuhan, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Debita Ismardani |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:07 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |