EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA NEGERI 9 DENPASAR

Kubayan, Ni Putu Dian Pratiwi (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA NEGERI 9 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113041032-COVER.pdf

Download (535kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113041032-ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113041032-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran flipbook berbasis discovery learning pada materi perubahan lingkungan dalam meningakatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan tanpa media flipbook. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian the pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah XI 1, XI 2, X 7, X 5 di SMA Negeri 9 Denpasar, Total keseluruhan 122 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode simple random sampling dan diperoleh kelas X 7 dengan jumlah kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan media flipbook berbabasis discovery learing dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen sedangkan diperoleh kelas X 5 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan tanpa menggunakan media flipbook. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif yang mengGambarkan perbedaan hasil belajar kognitif siswa serta menggunakan analisis statistik Ancova untuk menguji hipotesis dan efektivitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai statistik dari uji hipotesis Ancova dengan nilai probabiltas 0,001 Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media flipbook berbasis discovery learning dan yang tidak menggunakannya. Hasil analisis effect size menunjukkan nilai 0,664 dengan kategori besar, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flipbook berbasis discovery learning efektif meningkatkan hasil belajar pada materi perubahan lingkungan di SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, flipbook, Discovery Learning, hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: NI PUTU DIAN PRATIWI KUBAYAN
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:34
Last Modified: 13 Aug 2025 07:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26937

Actions (login required)

View Item View Item