Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis CoTPS Learning Model untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar di SD Negeri 1 Baktiseraga

Martionsi, Kadek Riana (2025) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis CoTPS Learning Model untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar di SD Negeri 1 Baktiseraga. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011026-COVER.pdf

Download (799kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011026-ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011026-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Memperoleh e-modul interaktif berbasis CoTPS Learning Model untuk materi bangun datar di SD Negeri 1 Baktiseraga dengan karakteristik yang dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun datar serta memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif merupakan tujuan dalam penelitian ini. Pengembangan e-modul interaktif berbasis CoTPS Learning Model menerapkan model pengembangan 4D yang rancang Thiagarajan. Terdapat petunjuk orang tua yang dapat digunakan orang tua dalam menemani siswa belajar di rumah, latihan soal interaktif karena terdapat umpan balik dari jawaban yang diberikan siswa serta video pembelajaran yang menyajikan cuplikan aktivitas sehari-hari siswa agar siswa bisa menguasai materi dengan cepat merupakan karakteristik yang ada pada e-modul interaktif berbasis CoTPS Learning Model. Berdasarkan hasil penilaian dari dua orang ahli media beserta dua orang ahli materi, diperoleh rata-rata skor 4.72 dalam kriteria sangat valid. Kepraktisan e-modul ini juga telah teruji melalui penilaian angket respon guru ataupun siswa yang memperoleh skor rata-rata 4.79 dalam kriteria sangat baik. Sementara itu, pengujian keefektifan dilakukan dengan membandingkan hasil pre test dengan post test, yang mempresentasikan nilai rata-rata pre test sebesar 30.69 dan nilai rata-rata post test sebesar 85.86. Temuan tersebut mengindikasikan bahwa nilai post test lebih tinggi dibandingkan nilai pre test. Dengan menggunakan uji N-Gain diperoleh peningkatan pemahaman konsep sebesar 0.80 yang tergolong kategori tinggi. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa e-modul interaktif berbasis CoTPS Learning Model yang dirancang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Interaktif Berbasis CoTPS Learning Model, Pemahaman Konsep, Bangun Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Riana Martionsi
Date Deposited: 22 Aug 2025 01:22
Last Modified: 22 Aug 2025 01:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27024

Actions (login required)

View Item View Item