PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS ANYFLIP BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 5 KUTA SELATAN

Suarjana, I Nengah (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS ANYFLIP BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 5 KUTA SELATAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2229091012-COVER)
2229091012-Cover.pdf

Download (582kB)
[img] Text (2229091012-ABSTRAK)
2229091012-Abstrak.pdf

Download (290kB)
[img] Text (2229091012-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229091012-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (343kB)
[img] Text (2229091012-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229091012-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (2229091012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229091012-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (2229091012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229091012-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (2229091012-BAB 5 PENUTUP)
2229091012-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (2229091012-DAFTAR PUSTAKA)
2229091012-Daftar Pustaka.pdf

Download (253kB)
[img] Text (2229091012-LAMPIRAN)
2229091012-Lampiran.pdf

Download (981kB)

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu patokan kemajuan bangsa karena tanpa pendidikan suatu negara akan sangat tertinggal dari negara lain. Pendidikan bertujuan membentuk manusia menjadi siswa yang memiliki sikap profesional, sikap sosial, intelektual dan emosional, mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka dari itu, peneliti merancang bahan ajar berbentuk E-Modul berbasis Anyflip book untuk meningkatakan motivasi dan hasil belajar siswa karena sebelumnya hanya terpaku pada buku teks saja sehingga pembelajaran terkesan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik pengembangan bahan ajar elektronik berbasis Anyflip Book, (2) Menganalisis proses pengembangan bahan ajar elektronik nernasis Anyflip Book, (3) menguji efektivitas bahan ajar elektronik nernasis Anyflip Book. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg And Gall. E-modul divalidasi oleh ahli isi dan ahli media, serta diuji coba kepada siswa dan guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik bahan ajar elektronik berbasis Anyflip Book memiliki tampilan visual yang menarik, struktur materi yang sistematis integrasi multimedia, serta aksebilitas tinggi. (2) proses pengembangannya terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswayang diperoleh dengan rata-rata 91.88 dengan kategori sangat tinggi, (3) efektivitas memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang ditunjukkan dari rata-rata hasil uji lapangan sebesar 95.19 yang tergolong sangat sesuai dan layak digunakan. Hambatan seperti keterbatasan akses internet tidak menjadi penghalang berarti karena siswa tetap dapat mengunduh modul untuk dipelajari secara offline. Oleh karena itu, e-modul ini dapat dijadikan alternatif bahan ajar digital yang mendukung pembelajaran kontekstual, menyenangkan, dan mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Anyflip Book, E-Modul, Borg &Gall, Bahan Ajar, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: I Nengah Suarjana
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:13
Last Modified: 18 Sep 2025 03:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27084

Actions (login required)

View Item View Item