Prabawati, Putu Lely Somya (2020) Efektivitas Model Project Based Learning Berorientasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031112-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031112-ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031112-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031112-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031112-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031112-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031112-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031112-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031112-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Literasi sains siswa masih dikategorikan rendah. Salah satu penyebabnya adalah siswa dihadapkan dengan menghafal materi – materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang berdampak pada rendahnya pemahaman konsep IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model Project Based Learning Berorientasi Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) terhadap kompetensi pengetahuan IPA SD. Penelitian ini berjenis Quasi eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara, yang berjumlah 209 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian didapatkan melalui teknik random sampling dan telah melewati uji kesetaraan. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa, dan kelompok kontrol berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan dengan pemberian tes objektif pilihan ganda selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Hasil analisis data menunjukkan thitung = 2.237 > ttabel = 2.000, dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 61 sehingga H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPA siswa yang dibelajarkan melalui model project based learning berorientasi STEM dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hal ini berarti model project based learning berorientasi STEM berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. Pembelajaran melalui model project based learning berorientasi STEM dapat membuat siswa lebih termotivasi belajar sehingga mempermudah dalam memahami materi-materi IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, PjBL, STEM, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | PUTU LELY SOMYA PRABAWATI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:03 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2711 |
Actions (login required)
View Item |