PENGARUH DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI A DI SMA PGRI 1 AMLAPURA TAHUN PELAJARAN 2024/ 2025

WIRAKUSUMA, I KETUT PUTRA (2025) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI A DI SMA PGRI 1 AMLAPURA TAHUN PELAJARAN 2024/ 2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1817011104-COVER.pdf

Download (867kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1817011104-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1817011104-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1817011104-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1817011104-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1817011104-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1817011104-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817011104-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1817011104-LAMPIRAN.pdf

Download (941kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMA PGRI 1 Amlapura. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI A jurusan IPS pada tahun pelajaran 2024/ 2025 yang berjumlah 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner untuk memperoleh informasi kuantitatif dari penilaian disiplin belajar siswa sedangkan teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh nilai rhitung uji < t tabel pada taraf signifikan 5 % maupun 1 % atau (0,2020,263) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar. Besar persentase pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS adalah sebesar 34,3 %, sedangkan sisanya sebesar 65,7 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: I KETUT PUTRA WIRAKUSUMA
Date Deposited: 16 Sep 2025 01:21
Last Modified: 16 Sep 2025 01:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27124

Actions (login required)

View Item View Item