Bawa, Putu Adi (2025) PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM INFORMASI DORMITORY OFFICE DI SMK NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1815091044-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1815091044-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815091044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815091044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1815091044-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan administrasi perizinan di lingkungan asrama SMK Negeri Bali Mandara hingga kini masih dilakukan secara manual, sehingga prosesnya sering kali lambat, tidak praktis, dan berisiko mengalami keterlambatan maupun kehilangan data. Hal ini menjadi kendala bagi siswa, staf asrama, dan pihak pengelola dalam memastikan proses perizinan berjalan efisien dan transparan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan antarmuka sistem Informasi Dormitory Office yang mendukung digitalisasi proses perizinan di lingkungan asrama SMK Negeri Bali Mandara. Metode yang digunakan adalah Design Thinking dengan lima tahapan, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Tahap Empathize dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam untuk menggali kebutuhan dan permasalahan nyata. Pada tahap Define, hasil temuan dianalisis menggunakan Empathy Map, User Persona, dan Affinity Diagram untuk merumuskan inti masalah serta kebutuhan prioritas pengguna. Tahap Ideate menghasilkan rancangan fitur utama yang diklasifikasikan menggunakan Now-Wow-How Matrix, kemudian dituangkan ke dalam kerangka InFormation Architecture (IA) dan User Flow Diagram (UFD). Hasil rancangan diwujudkan pada tahap Prototype dalam bentuk Low-Fidelity dan High-Fidelity Prototype dengan menerapkan prinsip UI/UX. Pengujian (Testing) dilakukan menggunakan metode Think Aloud yang melibatkan dua kelompok pengguna, yaitu siswa sebagai pengguna utama dan pengelola asrama sebagai pihak otorisasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe dapat digunakan dengan baik sesuai skenario tugas, mudah dipahami, serta mendapatkan umpan balik yang membangun untuk penyempurnaan detail antarmuka. Dengan demikian, prototipe Dormitory Office yang dikembangkan terbukti layak, praktis, dan mendukung digitalisasi proses perizinan siswa, sehingga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan administrasi di asrama SMK Negeri Bali Mandara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Design Thinking, Dormitory Office, Sistem Informasi Perizinan, User Interface |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Putu Adi Bawa |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 23:39 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 23:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |