PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN LITERASI KEUANGAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER

Febriyanthi, Putu Wina (2025) PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN LITERASI KEUANGAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329131021-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329131021-ABSTRAK.pdf

Download (583kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329131021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329131021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329131021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329131021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329131021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329131021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329131021-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Febriyanthi, Putu Wina (2025). Pengaruh persepsi manfaat dan literasi keuangan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi terhadap minat penggunaan sistem pembayaran shopee paylater. Tesis, Program Studi Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Dr. I Nengah Suarmanayasa, S.E., M.Si dan Pembimbing II: Trianasari, M.M., Ph.D. Kemajuan teknologi telah mempermudah banyak aspek kehidupan, termasuk dalam hal sistem pembayaran dan layanan keuangan. PayLater adalah salah satu layanan keuangan yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan e-commerce dan memiliki kesamaan dengan sistem kredit perbankan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji pengaruh persepsi manfaat terhadap minat penggunaan metode pembayaran Shopee PayLater; (2) untuk menguji pengaruh literasi keuangan terhadap minat penggunaan metode pembayaran Shopee PayLater; (3) untuk menguji pengaruh persepsi manfaat terhadap kepuasan konsumen Shopee PayLater; (4) untuk menguji pengaruh literasi keuangan terhadap kepuasan konsumen Shopee PayLater; (5) untuk menguji pengaruh kepuasan konsumen terhadap minat penggunaan Shopee PayLater; (6) untuk menguji kepuasan konsumen memediasi pengaruh persepsi manfaat terhadap minat penggunaan Shopee PayLater; dan (7) untuk menguji literasi keuangan memediasi pengaruh persepsi manfaat terhadap minat penggunaan Shopee PayLater. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 3.117 mahasiswa fakultas ekonomi angkatan tahun 2023/2024, sedangkan sampel yang dibutuhkan sebanyak 97 responden dan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi manfaat berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan Shopee PayLater; (2) literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan Shopee PayLater; (3) persepsi manfaat berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen Shopee PayLater; (4) literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen Shopee PayLater; (5) kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan Shopee PayLater; (6) kepuasan konsumen memediasi persepsi manfaat terhadap minat penggunaan Shopee PayLater; dan (7) kepuasan konsumen memediasi literasi keuangan terhadap minat penggunaan Shopee PayLater. Kata kunci: persepsi manfaat, literasi keuangan, kepuasan konsumen, minat penggunaan Shopee PayLater fintech.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: persepsi manfaat, literasi keuangan, kepuasan konsumen, minat penggunaan Shopee PayLater fintech, perception of benefits, financial literacy, consumer satisfaction, interest in using Shopee PayLater fintech.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Manajemen (S2)
Depositing User: Putu Wina Febriyanthi
Date Deposited: 28 Oct 2025 01:03
Last Modified: 28 Oct 2025 01:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27186

Actions (login required)

View Item View Item