PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA

Yundarini, Ni Komang Suci (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031049-COVER.pdf

Download (447kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031049-ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031049-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap sosial dan hasil belajar IPS kelas V pada Tema Lingkungan Sekitar Kita yang valid dan reliabel. Pada penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan untuk penilaian sikap sosial adalah kuesioner (angket) sedangkan untuk penilaian hasil belajar IPS yang digunakan yaitu tes berupa pilihan ganda. Data yang diperoleh selanjutnya akan dianalisis validitas dan reliabilitas pada masing-masing instrumen penilaian. Hasil analisis validitas instrumen penilaian sikap sosial dan hasil belajar IPS memperoleh nilai rata-rata 1, yang artinya kedua instrumen penilaian memiliki validitas yang sangat tinggi, sedangkan hasil analisis dari reliabilitas instrumen penilaian sikap sosial adalah 0,89 dan reliabilitas instrumen penialaian hasil belajar IPS adalah 0,85 yang berarti kedua instrumen ini memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen penilaian sikap sosial dan hasil belajar IPS layak digunakan dalam melaksanakan penilaian terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Sikap Sosial, Hasil Belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Suci Yundarini
Date Deposited: 27 Jul 2020 21:01
Last Modified: 27 Jul 2020 21:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2720

Actions (login required)

View Item View Item