Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Hasil belajar Senam Lantai Pada Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri 1 Poh Bergong Tahun Ajar 2024/2025

Kusuma, I Wayan Krisna Ananda (2025) Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Hasil belajar Senam Lantai Pada Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri 1 Poh Bergong Tahun Ajar 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2116011079-COVER.pdf

Download (624kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2116011079-ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011079-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011079-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011079-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011079-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2116011079-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai melalui penerapan metode bermain pada materi senam lantai pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Poh Bergong. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan dua pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini berjumlah 24 peserta didik kelas V SD Negeri 1 Poh Bergong. Adapun teknik pengumpulan data hasil belajar yang digunakan untuk melakukan observasi hasil belajar yaitu dengan mengunakan penilaian hasil belajar (assesment). Data analisis mengunakan statistik deskritif. Dapat dilihat hasil belajar data peserta didik pada siklus I dengan rata-rata hasil belajar 72,1 pada siklus II meningkat menjadi 92,9 dan ketuntasan belajar pada siklus I 4% dan ketuntasan siklus II meningkat menjadi 96%, dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode bermain pada materi guling depan dan guling belakang dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Poh Bergong Tahun Ajaran 2024/2025, disarankan kepada guru terus menerapkan metode ini dalam pembelajaran senam lantai ataupun pembelajaran lain agar meningkatka hasil belajar serta motivasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode bermain, guling depan, guling belakang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I WAYAN KRISNA ANANDA KUSUMA
Date Deposited: 20 Oct 2025 03:54
Last Modified: 20 Oct 2025 03:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27216

Actions (login required)

View Item View Item