Kusuma, I Wayan Krisna Ananda (2025) Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Hasil belajar Senam Lantai Pada Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri 1 Poh Bergong Tahun Ajar 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2116011079-COVER.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2116011079-ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011079-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011079-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011079-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011079-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2116011079-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai melalui penerapan metode bermain pada materi senam lantai pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Poh Bergong. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan dua pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini berjumlah 24 peserta didik kelas V SD Negeri 1 Poh Bergong. Adapun teknik pengumpulan data hasil belajar yang digunakan untuk melakukan observasi hasil belajar yaitu dengan mengunakan penilaian hasil belajar (assesment). Data analisis mengunakan statistik deskritif. Dapat dilihat hasil belajar data peserta didik pada siklus I dengan rata-rata hasil belajar 72,1 pada siklus II meningkat menjadi 92,9 dan ketuntasan belajar pada siklus I 4% dan ketuntasan siklus II meningkat menjadi 96%, dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode bermain pada materi guling depan dan guling belakang dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Poh Bergong Tahun Ajaran 2024/2025, disarankan kepada guru terus menerapkan metode ini dalam pembelajaran senam lantai ataupun pembelajaran lain agar meningkatka hasil belajar serta motivasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, metode bermain, guling depan, guling belakang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I WAYAN KRISNA ANANDA KUSUMA |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 03:54 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 03:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |