PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS V SD NEGERI 3 TAMAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Pramesti, Ni Putu Anjani Dyah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS V SD NEGERI 3 TAMAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031440-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031440-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031440-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031440-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031440-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031440-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031440-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031440-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031440-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis kontekstual yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas penggunaan media video pembelajaran berbasis kontekstual materi perkalian pecahan pada muatan matematika di kelas V SD Negeri 3 Taman. Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli rancang bangun, ahli isi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli isi materi, dan siswa kelas V SD Negeri 3 Taman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil berupa media video pembelajaran yang layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Media video pembelajaran berbasis kontekstual yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan uji kelayakan dari hasil uji ahli rancang bangun 97,5%, ahli isi 87,5%, ahli desain pembelajaran 77,5%, ahli media pembelajaran 88,89%, uji perorangan 80%, uji kelompok kecil 83,4%. Sementara itu hasil perhitungan uji efektifitas berdasarkan hasil uji-t univariat diperoleh thitung sebesar 12,250 yang kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 21 adalah sebesar 2,07. Hasil menunjukkan bahwa thitung > ttabel (12,250 > 2,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran efektiv digunakan pada pembelajaran matematika materi perkalian pecahan di kelas V SD Negeri 3 Taman. Keefektivan penggunaan media video juga terlihat dari peningkatan rata-rata kompetensi pengatahuan Matematika siswa sebesar 93,0 > 75 yang merupakan nilai KKTP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Video Pembelajaran, Matematika, Perkalian Pecahan, Pendekatan Kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Anjani Dyah Pramesti
Date Deposited: 20 Oct 2025 01:16
Last Modified: 20 Oct 2025 01:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27218

Actions (login required)

View Item View Item