EFEKTIVITAS TEORI KONSELING TRAIT AND FACTOR DENGAN TEHNIK MENIRU UNTUK MENINGKATKAN RENCANA KARIER PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 BEBANDEM

Pradipta, I Wayan Danta Lingga (2025) EFEKTIVITAS TEORI KONSELING TRAIT AND FACTOR DENGAN TEHNIK MENIRU UNTUK MENINGKATKAN RENCANA KARIER PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 BEBANDEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011011017-COVER.pdf

Download (838kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011011017-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011011017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011011017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011011017-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan teori konseling Trait and Factor dengan teknik meniru dalam meningkatkan rencana karier siswa kelas X di SMAN 1 Bebandem. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam merencanakan karier, seperti minimnya pemahaman diri, kurangnya informasi tentang dunia kerja, dan lemahnya dukungan dari lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari 60 siswa, yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing sebanyak 30 siswa. Kelompok eksperimen diberikan layanan konseling Trait and Factor yang dipadukan dengan teknik meniru simbolik, yaitu melalui penyajian video yang menggambarkan perilaku perencanaan karier yang positif. Teknik meniru dirancang untuk membantu siswa memahami potensi diri, membangun kepercayaan diri, dan mengenali langkah-langkah konkret dalam perencanaan karier. Data dikumpulkan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan uji t sampel independen. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rencana karier siswa pada kelompok eksperimen dan kontrol setelah perlakuan diberikan. Temuan ini membuktikan bahwa layanan konseling Trait and Factor dengan teknik meniru efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam merancang karier mereka. Dengan demikian, pendekatan ini dapat direkomendasikan sebagai strategi bimbingan karier yang aplikatif di lingkungan sekolah menengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Konseling Trait and Factor, teknik meniru, rencana karier, siswa SMA, bimbingan karier
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: I Wayan Danta Lingga Pradipta
Date Deposited: 22 Oct 2025 06:51
Last Modified: 22 Oct 2025 06:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27229

Actions (login required)

View Item View Item