PENGEMBANGAN KAMUS TERMINOLOGI IPA SD TRILINGUAL BERBASIS ANDROID (TRIKOL) UNTUK TOPIK PERKEMBANGAN PADA MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN 2 BENGKALA

Wirawan, Komang Krisna (2025) PENGEMBANGAN KAMUS TERMINOLOGI IPA SD TRILINGUAL BERBASIS ANDROID (TRIKOL) UNTUK TOPIK PERKEMBANGAN PADA MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN 2 BENGKALA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031312-COVER.pdf

Download (363kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031312-ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031312-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031312-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031312-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031312-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031312-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031312-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031312-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar, khususnya untuk topik perkembangan manusia, sering kali memiliki konsep yang abstrak dan sulit dipahami oleh siswa tunarungu, karena keterbatasan komunikasi, dan diperburuk keterbatasan Kata Kolok untuk istilah ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) merancang bangun kamus terminologi IPA Trilingual berbasis Android pada topik perkembangan manusia yang sesuai dengan karakteristik siswa tunarungu; 2) menguji validitas isi kamus agar dapat memenuhi standar pembelajaran di tingkat sekolah dasar; dan 3) mengukur kepraktisan kamus terminologi IPA berbasis Android terminologi IPA SD berbasis Android dalam mendukung pemahaman dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implemetasi), dan Evaluation (Evaluasi). Namun dalam tahapan ini dibatasi hanya sampai tahap pengembangan saja. Subjek penelitian adalah kamus trilingual berbasis Android, sementara objek penelitian adalah kualitas produk kamus trilingual berbasis Android. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan, kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Rancang bangun media pembelajaran berupa kamus terminologi IPA trilingual berbasis Android dikembangkan secara terstruktur dengan menyajikan komponen utama seperti logo aplikasi, tombol mulai, gambar pendukung, menu beranda, informasi tentang aplikasi, pengaturan, kosakata, frasa, materi pembahasan dan video 3D sehingga sesuai dengan karakteristik siswa tunarungu sekaligus membuat media lebih menarik, interaktif, dan kontekstual. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini memperoleh validitas isi 0,9166 pada aspek materi, 0,9047 pada aspek bahasa, serta 0,9814 pada aspek media, dengan kategori pada aspek sangat tinggi. Sementara itu, hasil uji kepraktisan yang dilakukan kepada guru inklusi, wali kelas V, 6 siswa reguler, dan 2 siswa tunarungu menunjukkan persentase sebesar 97,92% dengan kategori sangat baik. Hal ini menandakan bahwa media ini praktis digunakan, mudah dipahami, serta sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kamus Android, Terminologi IPA, Bahasa isyarat Kata Kolok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Komang Krisna Wirawan
Date Deposited: 04 Nov 2025 23:15
Last Modified: 04 Nov 2025 23:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27266

Actions (login required)

View Item View Item