Siregar, M. Deni (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS NILAI BUDAYA LOKAL TESULING DALAM MENINGKATKAN KEBHINEKAAN GLOBAL DAN MODERASI BERAGAMA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI LOMBOK TIMUR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (2239031009-COVER)
2239031009-Cover.pdf Download (926kB) |
|
|
Text (2239031009-ABSTRAK)
2239031009-Abstrak.pdf Download (316kB) |
|
|
Text (2239031009-BAB 1 PENDAHULUAN)
2239031009-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (380kB) |
|
|
Text (2239031009-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239031009-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) | Request a copy |
|
|
Text (2239031009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239031009-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (988kB) | Request a copy |
|
|
Text (2239031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239031009-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (975kB) | Request a copy |
|
|
Text (2239031009-BAB 5 PENUTUP)
2239031009-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
|
Text (2239031009-DAFTAR PUSTAKA)
2239031009-Daftar Pustaka.pdf Download (393kB) |
|
|
Text (2239031009-LAMPIRAN)
2239031009-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPAS berbasis nilai budaya lokal tesuling yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kebhinekaan global dan moderasi beragama siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate) yang dirancang tahap-pertahap. Pengujian efektivitas dilakukan pada siswa SD Gugus 4 Kecamatan Selong yang jumlahnya sebanyak 105 siswa, yaitu di kelas IV SDN 1 Kelayu Selatan sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen, kelas IV SDN 1 Kembangsari sebanyak 30 siswa sebagai kelas Kontrol, dan kelas IV SDN 1 Kelayu Utara sebanyak 45 siswa sebagai kelas uji validitas. Pengumpulan data menggunakan dua instrument yang valid dan reliabel. Metode analisis data untuk memperoleh hasil pengujian efektivitas dilakukan dengan analisis MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian (1) Menghasilakan modul pembelajaran IPAS berbasis nilai budaya lokal Tesuling pada Sekolah Dasar (2) Modul pembelajaran IPAS berbasis nilai budaya lokal Tesuling secara keseluruhan dinyatakan valid; (3) Modul pembelajaran IPAS berbasis nilai budaya lokal Tesuling secara keseluruhan dinyatakan praktis; (4) Modul pembelajaran IPAS berbasis nilai budaya lokal Tesuling secara simultan lebih efektif dalam meningkatkan kebhinekaan global dan moderasi beragama dibandingkan dengan menggunakan modul pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Doctoral) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelajaran IPAS Berbasis Nilai Budaya Lokal Tesuling, Kebhinekaan Global Dan Moderasi Beragama |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
| Depositing User: | M Deni Siregar |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 01:54 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 01:54 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27267 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
