Pengaruh Gaya Belajar dan Self-Confidence Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Sawan

Br Sembiring, Mika Kori Lahaya (2026) Pengaruh Gaya Belajar dan Self-Confidence Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Sawan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114031016-COVER.pdf

Download (476kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114031016-ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031016- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2114031016- BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN)
2114031016- BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 Penutup)
2114031016 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031016 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114031016 - LAMPIRAN.pdf

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya belajar dan self-confidence terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas XI-B SMA Negeri 1 Sawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI-B. Instrumen penelitian berupa angket dan dokumentasi nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar dan self-confidence siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar geografi. gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien regresi sebesar 0,346. Demikian juga dengan self-confidence siswa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,000dan koefisien regresi sebesar 0,253. Besarnya kontribusi kedua variabel bebas terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan determinasi sebesar 62,7%. Temuan pada penelitian ini antara lain gaya belajar dan self-confidence berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sawan. Siswa di SMA Negeri 1 Sawan sebagian besar memiliki gaya belajar audiotorial serta self-confidence yang berada pada katagori sedang hingga tinggi namun sampai saat ini siswa masih belum memahami gaya belajar dan kepercayaan diri pada dirinya sendiri, sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah dengan 48,48% siswa masih memperoleh hasil belajar yang rendah. Penting bagi siswa untuk memahami gaya belajar dan self-confiden dalam dirinya agar siswa lebih mudah memahami pembelajaran terutama pada pembelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Self-confidence, Hasil Belajar, Pembelajaran Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Mika Kori Lahaya Br Sembiring
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:51
Last Modified: 10 Dec 2025 07:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27268

Actions (login required)

View Item View Item