PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF HIDANGAN ASIA TENGGARA

Putri, Ni Luh Ari Melani (2026) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF HIDANGAN ASIA TENGGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115081030-COVER.pdf

Download (34MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115081030-ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115081030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115081030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115081030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115081030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115081030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115081030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115081030-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan langkah-langkah dalam mengembangkan media PowerPoint interaktif tentang masakan Asia Tenggara menggunakan model 4D, selain itu untuk menentukan kelayakan media pembelajaran PowerPoint interaktif tentang masakan Asia Tenggara. Penelitian dan pengembangan (R&D) digunakan pada penelitian ini dengan model 4D, (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Para ahli yang terlibat yaitu ahli materi pelajaran, ahli desain media dan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner skala Likert yang dibagikan untuk para ahli. Deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisi data dengan menghitung persentase penilaian dari para ahli. Berdasarkan hasil uji oleh ahli desain media dan pembelajaran, indikator yang memperoleh skor tertinggi adalah aspek visual dan audio. Kemudian, skor yang diperoleh dari ahli media dan desain pembelajaran dijumlahkan dan diperoleh persentase kelayakan sebesar 96,4%, sementara uji oleh ahli materi pelajaran menunjukkan bahwa indikator dengan skor tertinggi adalah kualitas materi. Skor dari semua indikator dijumlahkan untuk menghasilkan persentase kelayakan sebesar 98%. Persentase uji kelayakan yang tinggi pada bahwa media dinyatakan “Sangat Layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, PowerPoint Interaktif, Model 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1)
Depositing User: Ni Luh Ari Melani Putri
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:33
Last Modified: 15 Dec 2025 02:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27374

Actions (login required)

View Item View Item