PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I ABIANSEMAL BADUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

Anggreni, Ni Kadek Dwi Marta (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I ABIANSEMAL BADUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031305-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031305-ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031305-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031305-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031305-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031305-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031305-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031305-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031305-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran project based learning dengan kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada siswa kelas V SD Gugus I Abiansemal Badung tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design adalah . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Abiansemal Badung Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 7 kelas terdiri atas 183 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling dengan menentukan sejak awal sampel yang akan digunakan sesuai kuota yang diinginkan, kemudian dilakukan pengundian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga kelas V SD No. 2 Blahkiuh dengan jumlah 40 siswa sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas V SD No. 2 Sangeh dengan jumlah 44 siswa sebagai kelompok kelas kontrol. Tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 36 soal yang sudah divalidasi digunakan untuk memperoleh data kompetensi IPA siswa. Nilai rata-rata kelas V SD No. 2 Blahkiuh sebagai kelas eksperimen yaitu 84,98 termasuk dalam kriteria tinggi, lebih besar dari rata-rata kelas V SD No. 2 Sangeh sebagai kelas kontrol yaitu 79,77 termasuk kriteria tinggi. Hasil analisis uji-t menunjukan thitung > ttabel yaitu 2, 591 > 2,000 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 84, sehingga hipotesis observasi (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang menyatakan terdapat perbedaan signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan Model Pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus I Abiansemal Badung Tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: IPA, Project Based Learning, Kompetensi Pengetahuan Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Dwi Marta Anggreni
Date Deposited: 28 Jul 2020 13:43
Last Modified: 28 Jul 2020 13:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2791

Actions (login required)

View Item View Item