Budiningsih, Ni Putu Enik Abdi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN'S LEARNING IN SCIENCE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS I MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031125-COVER.pdf Download (627kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031125-ABSTRAK.pdf Download (271kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031125-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031125- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031125-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031125- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031125-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031125-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031125-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Children’s Learning In Science berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan desain penelitian “Nonequivalent Control Group Design”. Populasinya ialah seluruh kelas IV SD Gugus I Mengwi sebanyak 6 kelas, 182 siswa. Selanjutnya diambil dua sampel untuk perlakuan melalui Random Sampling . Sampel Yang terpilih ialah kelas IV SD No. 1 Pererenan sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 orang menerapkan model CLIS berbantuan media audio visual dan kelas IV SD No. 4 Cemagi sebgai kelas kontrol sebanyak 30 orang dengan diterapkannya pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan metode tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 35 soal . Diperoleh rerata gain skor ternormalisasi kelompok eksperimen X̅ = 0,796 > X̅ = 0,536 rerata gain skor ternormalisasi kelompok kontrol. Selanjutnya data diuji dengan t-test polled varian. Terbukti dari nilai thitung = 3,561 > ttabel = 2,001 pada dk (31+30-2) = 59 dan taraf signifikansi 5% yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran children’s learning in science berbantuan media audio visual dengan kelompok yang dibelajarkan konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran children’s learning in science berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Children's Learning In Science, media audio visual, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU ENIK ABDI BUDININGSIH |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 22:32 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 22:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2818 |
Actions (login required)
View Item |