Manik, NiKadek Krisma Devi Yunika (2020) PENGEMBANGAN TES HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GUGUS III BITERA KECAMATAN GIANYAR KABUPATEN GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1611031088-COVER.pdf Download (935kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031088-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031088-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (116kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031088-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIANAN)
1611031088-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031088-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031088-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031088-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031088-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap pengembangan tes hasil belajar, mengetahui validitas dan reliabilitas untuk mengetahui kelayakan dari tes hasil belajar tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (developmental research). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Akan tetapi dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan, mengingat kondisi yang tidak memungkinkan. Penelitian pengembangan tes hasil belajar IPA ini dilakukan di SD Negeri 1 Gianyar. Subyek penelitian ini berupa instrument tes hasil belajar IPA berupa tes bentuk pilihan ganda dengan jumlah 24 butir soal. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes berupa tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda. Teknik yang digunakan untuk menganalisis adalah validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dari 24 butir soal terdapat hanya 20 butir soal yang valid, sedangkan 4 butir soal yang lainnya dinyatakan drop dan tidak dipakai lagi. Kemudian dilakukan analisis reliabilitas, soal yang dianalisis hanya butir soal yang valid. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan rumus Kuder Richardson yaitu didapatkan r tabel sebesar 0,68. Sehingga kriteria reliabilitas pada soal tersebut adalah tinggi. Dalam penyusunan sebuah tes diharapkan mengikuti langkah-langkah terlebih dahulu. Selain itu, dapat mengikuti pelatihan-pelatihan dalam menyusun sebuah tes dengan baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengembangan, tes, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Krisma Devi Yunika Manik |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 14:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 14:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2819 |
Actions (login required)
View Item |