PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020

Nilayuniarti, Ni Putu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031124-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031124-ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031124-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031124-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031124-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031124-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031124-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031124-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031124-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang signifikan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan media visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian semu menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Gugus I Mengwi yakni sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 189 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling diperoleh kelas V SD No. 4 Cemagi sebanyak 30 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD No. 1 Pererenan sebanyak 32 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Pada proses pengumpulan data, tes dipilih sebagai instrumen penelitian yang berbentuk tes objektif pilihan ganda biasa, sehingga didapatkan data berupa nilai kompetensi pengetahuan IPA yang berbentuk data kuantitatif, kemudian dianalisis menggunakan analisis uji-t dengan rumus polled varians. Rerata nilai kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen x ̅ = 83,16 dan kelompok kontrol yaitu x ̅ = 76,87. Hasil analisis data diperoleh (thitung=3,363 > ttabel = 2,000) pada taraf signifikansi 5% (dk = 30 + 32 – 2 = 60) maka, H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan media visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Temuan ini, akan memberikan implikasi yaitu, dengan menerapkan model Somatic Auditory Visulization Intellectualy berbantuan media visual kegiatan pembelajaran lebih bermakna dan dapat melatih rasa percaya diri siswa melalui motivasi belajar yang diberikan guru sehingga dapat mengoptimalkan kompetensi pengetahuan IPA siswa. Oleh sebab itu, model pembelajaran Somatic Auditory Visulization Intellectualy berbantuan media visual cocok diterapkan untuk mengatasi kompetensi pengetahuan IPA siswa yang rendah. Dengan demikian bahwa model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan media visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA dalam pembelajaran IPA Kelas V SD. Kata Kunci : Somatic Auditory Visualization Intellectualy, Kompetensi Pengetahuan IPA, Media Visual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Somatic Auditory Visualization Intellectualy, Kompetensi Pengetahuan IPA, Media Visual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI PUTU NILAYUNIARTI
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:19
Last Modified: 28 Jul 2020 03:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item View Item