Nilayuniarti, Ni Putu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031124-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031124-ABSTRAK.pdf Download (384kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031124-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (278kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031124-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031124-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031124-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031124-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031124-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031124-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang signifikan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan media visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian semu menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Gugus I Mengwi yakni sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 189 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling diperoleh kelas V SD No. 4 Cemagi sebanyak 30 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD No. 1 Pererenan sebanyak 32 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Pada proses pengumpulan data, tes dipilih sebagai instrumen penelitian yang berbentuk tes objektif pilihan ganda biasa, sehingga didapatkan data berupa nilai kompetensi pengetahuan IPA yang berbentuk data kuantitatif, kemudian dianalisis menggunakan analisis uji-t dengan rumus polled varians. Rerata nilai kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen x ̅ = 83,16 dan kelompok kontrol yaitu x ̅ = 76,87. Hasil analisis data diperoleh (thitung=3,363 > ttabel = 2,000) pada taraf signifikansi 5% (dk = 30 + 32 – 2 = 60) maka, H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan media visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Temuan ini, akan memberikan implikasi yaitu, dengan menerapkan model Somatic Auditory Visulization Intellectualy berbantuan media visual kegiatan pembelajaran lebih bermakna dan dapat melatih rasa percaya diri siswa melalui motivasi belajar yang diberikan guru sehingga dapat mengoptimalkan kompetensi pengetahuan IPA siswa. Oleh sebab itu, model pembelajaran Somatic Auditory Visulization Intellectualy berbantuan media visual cocok diterapkan untuk mengatasi kompetensi pengetahuan IPA siswa yang rendah. Dengan demikian bahwa model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan media visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA dalam pembelajaran IPA Kelas V SD. Kata Kunci : Somatic Auditory Visualization Intellectualy, Kompetensi Pengetahuan IPA, Media Visual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Somatic Auditory Visualization Intellectualy, Kompetensi Pengetahuan IPA, Media Visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU NILAYUNIARTI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:19 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2827 |
Actions (login required)
View Item |