PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU

Pujawan, I Ketut Adi Agus (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031206-COVER.pdf

Download (625kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031206-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031206-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (451kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031206-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031206-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031206-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031206-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031206-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031206-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap sosial dan tes hasil belajar IPA yang valid dan reliabel dengan tes yang memiliki daya pembeda dan tingkat kesukaran pada Tema 8 kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan menggunakan model 4D dengan 4 tahapan antara lain: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) dissemination (penyebaran) , namun tahap penyebaran tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu. Instrumen yang digunakan untuk mengukur sikap sosial adalah kuesioner sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar IPA adalah tes pilihan ganda. Instrumen ini divalidasi oleh dua ahli dalam bidang sikap sosial dan IPA. Hasil penelitian menunjukkan validitas isi kuesioner sikap sosial dan hasil belajar IPA sangat tinggi dengan nilai 1,00. Pengujian validitas butir menunjukkan dari 30 butir soal kuesioner sikap sosial 28 soal dinyatakan valid, sedangkan dari 30 butir soal tes hasil belajar IPA 25 soal dinyatakan valid. Hasil reliabilitas instrumen sikap sosial dinyatakan sangat tinggi dengan nilai r1.1=0,88 dan reliabilitas tes hasil belajar IPA juga sangat tinggi dengan nilai r1.1= 0,82. Daya beda instrumen tes hasil belajar IPA dinyatakan pada kriteria baik dengan nilai 0,74, sedangkan untuk tingkat kesukarannya berada pada kriteria sedang dengan nilai 0,65. Hasil ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap sosial dan hasil belajar IPA dinyatakan dalam kualifikasi baik dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, sikap sosial, hasil belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I KETUT ADI AGUS PUJAWAN
Date Deposited: 27 Jul 2020 23:18
Last Modified: 27 Jul 2020 23:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2864

Actions (login required)

View Item View Item