Gitatenia, I Dewa Ayu Indah (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING-HEURISTIK BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V DI GUGUS I GIANYAR TAHUN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031248-COVER.pdf Download (954kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031248-ABSTRAK.pdf Download (139kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031248-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (339kB) |
|
Text (BAB2 KAJIAN TEORI)
1611031248-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (BAB3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031248-BAB3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031248-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031248-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR RUJUKAN)
1611031248-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (435kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031248-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Gugus 1 Gianyar yang memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik berbasis Tri Hita Karana terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada kelas V SD Negeri Gugus 1 Gianyar. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan desain non equivalent pretest posttest control group design yaitu desain penelitian dengan menggunakan kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dan kelompok kontrol sebagai pembandingnya yang masing-masing kelompok diberikan pretest pada awal penelitian dan posttest pada akhir penelitian. Penelitian ini menggunakan populasi dari kelas V SD Negeri Gugus 1 Gianyar yang terdiri dari tujuh sekolah sebanyak 501 siswa. Teknik Cluster Random Sampling digunakan untuk menentukan sampel pada populasi tersebut. Hasil pengambilan sampel memperlihatkan perolehan kelas V di SD N 7 Gianyar sebagai kelompok eksperimen dan di SD N 4 Gianyar sebagai kelompok kontrol dengan banyak siswa 39 dan 45. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa soal cerita atau essay sebanyak 5 butir soal yang telah divalidasi untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil perhitungan data posttest menunjukkan nilai rerata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol (eksperimen = 39,92 > kontrol = 35,87). Berdasarkan analisis uji-t diperoleh thitung = 4,11 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 82 diperoleh nilai ttabel (α = 0,05, 82) = 1,99 (thitung = 3,674 > ttabel = 1,99). Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik berbasis Tri Hita Karana terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas V SD Gugus I Gianyar Tahun 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Logan Avenue Problem Solving-Heuristik, Tri Hita Karana, kemampuan pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I DEWA AYU INDAH GITATENIA |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 20:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 20:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2870 |
Actions (login required)
View Item |