PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING-HEURISTIK BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V DI GUGUS I GIANYAR TAHUN 2019/2020

Gitatenia, I Dewa Ayu Indah (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING-HEURISTIK BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V DI GUGUS I GIANYAR TAHUN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031248-COVER.pdf

Download (954kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031248-ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031248-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB2 KAJIAN TEORI)
1611031248-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031248-BAB3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031248-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031248-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
1611031248-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (435kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031248-Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Gugus 1 Gianyar yang memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik berbasis Tri Hita Karana terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada kelas V SD Negeri Gugus 1 Gianyar. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan desain non equivalent pretest posttest control group design yaitu desain penelitian dengan menggunakan kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dan kelompok kontrol sebagai pembandingnya yang masing-masing kelompok diberikan pretest pada awal penelitian dan posttest pada akhir penelitian. Penelitian ini menggunakan populasi dari kelas V SD Negeri Gugus 1 Gianyar yang terdiri dari tujuh sekolah sebanyak 501 siswa. Teknik Cluster Random Sampling digunakan untuk menentukan sampel pada populasi tersebut. Hasil pengambilan sampel memperlihatkan perolehan kelas V di SD N 7 Gianyar sebagai kelompok eksperimen dan di SD N 4 Gianyar sebagai kelompok kontrol dengan banyak siswa 39 dan 45. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa soal cerita atau essay sebanyak 5 butir soal yang telah divalidasi untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil perhitungan data posttest menunjukkan nilai rerata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol (eksperimen = 39,92 > kontrol = 35,87). Berdasarkan analisis uji-t diperoleh thitung = 4,11 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 82 diperoleh nilai ttabel (α = 0,05, 82) = 1,99 (thitung = 3,674 > ttabel = 1,99). Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik berbasis Tri Hita Karana terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas V SD Gugus I Gianyar Tahun 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Logan Avenue Problem Solving-Heuristik, Tri Hita Karana, kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I DEWA AYU INDAH GITATENIA
Date Deposited: 28 Jul 2020 20:13
Last Modified: 28 Jul 2020 20:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2870

Actions (login required)

View Item View Item