DEWI, NI KOMANG YULIA (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS VIII KECAMATAN GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1611031397-COVER)
1611031397 -COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (161031397-ABSTRAK)
1611031397-ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
|
Text (1611031397-BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031397 - BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
|
Text (1611031397-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031397-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (1611031397-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031397-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) | Request a copy |
|
Text (1611031397-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031397- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (1611031397-BAB 5 PENUTUP)
1611031397-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (1611031397-DAFTAR PUSTAKA)
1611031397-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
|
Text (1611031397-LAMPIRAN)
1611031397-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Instruction Berbantuan Media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SDN Gugus VIII Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN Gugus VIII Kecamatan Gianyar dengan jumlah siswa 181 orang. Untuk menentukan sampel digunakan teknik classter random sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas IV SD No. 1 Sumita sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD No. 1 Suwat sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan instrumen yaitu tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa t hitung = 17,204 ˃ ttabel = 2,000, maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Instruction berbantuan media audio visual terahadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD N Gugus VIII Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci: Problem Based Instruction, audio visual, kompetensi pengetahuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Problem Based Instruction, audio visual, kompetensi pengetahuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Yulia Dewi |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 05:56 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 05:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2872 |
Actions (login required)
View Item |