PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS VIII KECAMATAN GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020

DEWI, NI KOMANG YULIA (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS VIII KECAMATAN GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1611031397-COVER)
1611031397 -COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (161031397-ABSTRAK)
1611031397-ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text (1611031397-BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031397 - BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text (1611031397-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031397-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (1611031397-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031397-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (1611031397-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031397- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (1611031397-BAB 5 PENUTUP)
1611031397-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (1611031397-DAFTAR PUSTAKA)
1611031397-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text (1611031397-LAMPIRAN)
1611031397-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Instruction Berbantuan Media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SDN Gugus VIII Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN Gugus VIII Kecamatan Gianyar dengan jumlah siswa 181 orang. Untuk menentukan sampel digunakan teknik classter random sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas IV SD No. 1 Sumita sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD No. 1 Suwat sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan instrumen yaitu tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa t hitung = 17,204 ˃ ttabel = 2,000, maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Instruction berbantuan media audio visual terahadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD N Gugus VIII Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci: Problem Based Instruction, audio visual, kompetensi pengetahuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Problem Based Instruction, audio visual, kompetensi pengetahuan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Yulia Dewi
Date Deposited: 28 Jul 2020 05:56
Last Modified: 28 Jul 2020 05:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2872

Actions (login required)

View Item View Item