PENGARUH ACTIVE DEBATE BERMUATAN MASALAH DILEMATIS TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS YOS SUDARSO DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Witari, Luh Putu Indah (2020) PENGARUH ACTIVE DEBATE BERMUATAN MASALAH DILEMATIS TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS YOS SUDARSO DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031357-COVER.pdf

Download (705kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031357-ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031357-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (414kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031357-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031357-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031357-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031357-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031357-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031357-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Active Debate bermuatan masalah dilematis terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD. Jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain Non Equivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh kelas V SD Gugus Yos Sudarso terdiri dari 8 kelas sebanyak 265 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yakni kelas V SD No. 5 Sanur sebanyak 36 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD No. 12 Sanur berjumlah 33 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang terkumpul adalah kompetensi pengetahuan PPKn. Selanjutnya data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, dengan uji-t. Pada analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelompok eksperimen X̅ = 15,22 > X̅= 14,54 rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelompok kontrol. Pada analisis statistik inferensial dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Hasil analisis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,133, pada taraf signifikansi 5% dan dk = 67 diperoleh ttabel = 1,996. Berdasarkan hasil analisis maka, H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan PPKn antara siswa yang di belajarkan dengan active debate bermuatan masalah dilematis dan siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Active Debate bermuatan masalah dilematis terhadap kompetensi pengetahuan PPKn Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Disarankan kepada peneliti lain untuk menjadikan penelitian ini sebagai rujukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Active Debate, Masalah Dilematis, Kompetensi Pengetahuan PPKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Putu Indah Witari
Date Deposited: 27 Jul 2020 23:30
Last Modified: 27 Jul 2020 23:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2876

Actions (login required)

View Item View Item