Krisna Darna Putra, I Kadek (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD PADA MATERI BANGUN DATAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031134-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031134-ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031134-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031134-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031134-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031134-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031134-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031134-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031134-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar matematika siswa kelas IV SD pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development), dengan menggunakan model 4-D (four D model) yang meliputi: (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), (4) Disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Instrumen penilaian hasil belajar matematika yang digunakan adalah instrumen berupa tes pilihan ganda (objektif). Produk instrumen penilaian hasil belajar matematika dilakukan uji validitas isi secara kualitatif dengan pertimbangan ahli dibidang matematika. Hasil validitas isi mendapatkan rata-rata 1,00, yang artinya instrumen ini memiliki validitas isi yang sangat tinggi. Uji validitas butir dilakukan secara kuantitatif. Hasil dari validitas isi yang dilakukan dengan taraf signifikansi 5% yang mendapatkan rtabel= 1,195 terdapat 2 soal yang invalid. Untuk mencari reliabilitas menggunakan rumus Kr-20. Hasil perhitungan koefisien reliabilitas 18 butir soal diperoleh r11 = 0,63, hal ini menunjukkan bahwa soal ini merupakan soal yang reliabilitas tinggi (baik) karena nilai koefisien korelasi tinggi. Hasil uji tersebut, menunjukkan bahwa instrumen penilaian hasil belajar matematika yang akan digunakan adalah sebanyak 18, dan layak digunakan untuk melakukan penilaian kepada siswa. Kata kunci: instrumen penilaian, hasil belajar matematika, model 4D.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian, hasil belajar matematika, model 4D. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Krisna Darna Putra Kadek |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 09:00 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 09:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2905 |
Actions (login required)
View Item |