Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbantuan Mind Mapping pada Materi Pencemaran Lingkungan dan Pemanasan Global

Yuniastri Nina, Ni Kadek (2020) Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbantuan Mind Mapping pada Materi Pencemaran Lingkungan dan Pemanasan Global. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613071011-COVER.pdf

Download (850kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613071011-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1613071011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1613071011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1613071011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1613071011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613071011-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul IPA terpadu berbantuan mind mapping pada materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global. Jenis penelitian yang digunakan adalah R & D (research and development) model 4D (define, design, develop, disseminate) dari Thiagarajan. Pengembangan pada penelitian ini dibatasi sampai tahap develop karena keterbatasan waktu, biaya serta kemampuan peneliti. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yang berupa hasil review dari ahli, guru, dan peserta didik yang berupa uraian, saran, dan masukan. Data kuantitatif yang berupa data skor instrumen hasil review uji validasi ahli dan guru, serta hasil review uji keterbacaan peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini meliputi lembar validasi modul IPA terpadu dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Pengujian isi/materi dan media/desain pada modul IPA terpadu berbantuan mind mapping pada materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global dilakukan oleh dua orang ahli. Penelitian ini juga divalidasi oleh dua orang praktisi (guru IPA) serta diuji secara terbatas dengan responden sebanyak tujuh belas orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai validasi isi dan desain adalah 4,6 dengan kualifikasi sangat valid, (3) hasil nilai validasi praktisi (guru) adalah 4,6 dengan kualifikasi sangat valid, (4) hasil uji keterbacaan diperoleh hasil sebesar 4,4 yang termasuk dalam kategori sangat jelas atau terbaca. Berdasarkan uji validasi dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa modul IPA terpadu berbantuan mind mapping dikategorikan valid dan terbaca untuk digunakan dalam membantu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul IPA terpadu, Mind mapping, model 4D
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Kadek Nina Yuniastri
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:11
Last Modified: 29 Jul 2020 03:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item View Item