PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS VIII KECAMATAN GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020

Dewi, Anak Agung Istri Mira Utari (2020) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS VIII KECAMATAN GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031396-COVER.pdf

Download (852kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031396-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031396-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031396-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031396-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031396-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031396-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031396-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031396-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus VIII Kecamatan Gianyar. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain Non-Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Gianyar yang berjumlah 6 kelas sebanyak 152 siswa. Cara menentukan sampel dengan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu SDN 1 Siangan sebagai kelas eksperimen dan SDN 3 Siangan sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen pengambilan data yang digunakan berupa tes objektif. Data penelitian yang dianalisis yaitu kompetensi pengetahuan IPA. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan Kompetensi Pengetahuan IPA peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model CTL Berbasis Tri Kaya Parisudha dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SDN Gugus VIII Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini berarti terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil yang diperoleh yakni nilai thitung = 3,922 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (38 + 36 – 2 ) = 72. Selain itu nilai rerata peserta didik yang menggunakan model CTL Berbasis Tri Kaya Parisudha = 83,97 > 76,91 peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model CTL berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh terhadap kompetensi Pengetahuan IPA peserta didik kelas V SDN Gugus VIII Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci : CTL, Tri Kaya Parisudha, Kompetensi Pengetahuan IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CTL, Tri Kaya Parisudha, Kompetensi Pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Anak Agung Istri Mira Utari Dewi
Date Deposited: 28 Jul 2020 10:45
Last Modified: 28 Jul 2020 10:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2911

Actions (login required)

View Item View Item