Putri, Maharani Ary Wahyuni (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021032-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021032-ABSTRAK.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1613021032-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (434kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1613021032-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1613021032-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021032-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1613021032-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021032-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran project based learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu kelas XI MIPA SMAN 1 Singaraja yang terdiri dari 7 kelas regular dengan jumlah populasi sebanyak 233 siswa. jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 dengan jumlah 66 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini berupa hasil belajar fisika siswa yang diukur menggunakan tes pilihan ganda pada materi Gelombang dan Alat Optik. Teknik analisis yang digunakan dengan statistic deskriptif dan uji ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa antara siswa yang belajar dengan model project based learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F = 7,065; p < 0,05). Siswa yang belajar menggunakan model project based learning memperlihatkan hasil belajar fisika yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Implikasinya model project based learning lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Selain itu model project based learning dapat mengasah kemampuan kreativitas siswa untuk menemukan sendiri pengetahuannya sehingga pelaksanaan pembelajaran membuat siswa lebih aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model project based learning, hasil belajar fisika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | MAHARANI ARY WAHYUNI PUTRI |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 01:30 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 01:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2914 |
Actions (login required)
View Item |