PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 1 SINGARAJA

Putri, Maharani Ary Wahyuni (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021032-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021032-ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1613021032-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (434kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1613021032-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1613021032-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021032-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1613021032-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021032-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran project based learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu kelas XI MIPA SMAN 1 Singaraja yang terdiri dari 7 kelas regular dengan jumlah populasi sebanyak 233 siswa. jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 dengan jumlah 66 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini berupa hasil belajar fisika siswa yang diukur menggunakan tes pilihan ganda pada materi Gelombang dan Alat Optik. Teknik analisis yang digunakan dengan statistic deskriptif dan uji ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa antara siswa yang belajar dengan model project based learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F = 7,065; p < 0,05). Siswa yang belajar menggunakan model project based learning memperlihatkan hasil belajar fisika yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Implikasinya model project based learning lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Selain itu model project based learning dapat mengasah kemampuan kreativitas siswa untuk menemukan sendiri pengetahuannya sehingga pelaksanaan pembelajaran membuat siswa lebih aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model project based learning, hasil belajar fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: MAHARANI ARY WAHYUNI PUTRI
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:30
Last Modified: 29 Jul 2020 01:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2914

Actions (login required)

View Item View Item