Sri Adnyani, Ni Putu (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV GUGUS VII SAYAN KECAMATAN UBUD TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1611031384-COVER)
1611031384-COVER.pdf Download (404kB) |
|
Text (1611031384-ABSTRAK)
1611031384-ABSTRAK.pdf Download (24kB) |
|
Text (1611031384-BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031384-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
|
Text (1611031384-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031384-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (1611031384-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031384-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (1611031384-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031384-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (1611031384-BAB 5 PENUTUP)
1611031384-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (1611031384-DAFTAR PUSTAKA)
1611031384-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
|
Text (1611031384-LAMPIRAN)
1611031384-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV GUGUS VII SAYAN KECAMATAN UBUD TAHUN AJARAN 2019/2020 Oleh Ni Putu Sri Adnyani, NIM 1611031384 JurusanPendidikan Guru Sekolah Dasar ABSTRAK Tujuan dari penelitian untuk mengetahui signifikan model discovery learning berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV Gugus VII Sayan Kecamatan Ubud Tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Ubud Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 105 . kelas IV SDN 2 Sayan yang berjumlah 23 siswa dan siswa kelas IV SDN 3 Sayan yang berjumlah 23 siswa ini sebagai sampel penelitian. Metode dalam pengumpulan data dilakukan dengan tes obyektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang menggunakan model discovery learning berbantuan media audio visual dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan thitung= 26,733 > ttabel=2,021 terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil analisis data model discovery learning berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Dapat dilihat dari skor rata-rata siswa yaitu 26,00 dan skor rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 15,58. Hasil uji-t dengan ttabel dengan db = 23 + 23 - 2 = 44 dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,021. Hal ini terdapat pengaruh secara signifikan model discovery learning berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan siswa. Dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV di SD Gugus IV Kecamatan Ubud Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata-kata kunci: Discovery Learning, AudioVisual, kompetensi Pengetahuan, IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sri Adnyani |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 20:15 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 20:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2915 |
Actions (login required)
View Item |