Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus II Teuku Umar Denpasar Barat Tahun Ajaran 2019/2020

Yanayanti, Ni Ketut Ayu Tri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus II Teuku Umar Denpasar Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031402-COVER.pdf

Download (699kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031402-ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031402-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031402-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031402-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031402-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (469kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031402-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031402-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031402-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantuan media visual. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok control. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 14 Dauh Puri sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas IV SD Negeri 10 Dauh Puri sebagai kelompok control dengan jumlah 37 siswa. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan metode tes dan instrument yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung= sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 67 diperoleh nilai ttabel= sehingga thitung = 6,611 > ttabel = 1,993. Berdasarkan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Corse review Horay dan kelompok yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen dan kelompok control yaitu 87,031 > 1993. Dengan demikian dapat disimpulkan, model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantuan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Gugus II Teuku Umar Denpasar Barat Tahun Ajaran 1019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Corse Review Horay, Media Visual, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Ketut Ayu Tri Yanayanti
Date Deposited: 28 Jul 2020 13:55
Last Modified: 28 Jul 2020 13:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2969

Actions (login required)

View Item View Item