Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Video Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020

Suryantini, Ni Luh Intan (2020) Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Video Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031230-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031230-ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1611031230-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (330kB)
[img] Text (KAJIAN PUSTAKA)
1611031230-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1611031230-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031230-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1611031230-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031230-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031230-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model experiential learning berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan non equivalent posttest control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas V SD Negeri Gugus IV Kuta Utara tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 7 kelas sebanyak 203 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA SD No. 2 Kerobokan Kelod sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD No. 1 Kerobokan Kelod sebanyak 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Data hasil post test kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 32 butir tes yang telah divalidasi. Analisis data kompetensi pengetahuan IPA menggunakan statistika inferensial. Rata-rata nilai post test kelompok eksperimen 80,067, dikategorikan baik pada PAP skala lima dan kelompok kontrol 72,375, dikategorikan cukup pada PAP skala lima. Rata-rata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol. Hasil analisis data menyatakan thitung = 9,675 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan dk=60 maka Ho ditolak, yang berarti bahwa terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model experiential learning berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Experiential Learning, Video, Kompetensi Pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH INTAN SURYANTINI
Date Deposited: 28 Jul 2020 20:29
Last Modified: 28 Jul 2020 20:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2987

Actions (login required)

View Item View Item