PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBANTUAN MEDIAVIDEO TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS MOHAMMAD HATTA DENSEL TAHUN AJARAN 2019/2020

Susanti, Putu Irma (2020) PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBANTUAN MEDIAVIDEO TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS MOHAMMAD HATTA DENSEL TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031388-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031388-ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031388-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031388-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031388-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031388-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031388-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1011031388-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (517kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031388-LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model inside outside circle berbantuan media video terhadap keaktifan belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini tergolong kuantitatif berupa eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Mohammad Hatta Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah 243 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara pengundian populasi menggunakan teknik cluster random sampling. Dari hasil undian diperoleh SD Negeri 6 Panjer sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 4 Panjer sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode nontes dan instrument yang digunakan yaitu lembar observasi yang terdiri dari 4 variabel dan 20 indikator keaktifan belajar siswa. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial uji beda mean (uji-t) dengan menggunakan rumus polland varians. Hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel (3,665 > 2,000) sehingga terdapat perbedaan antar kedua kelompok sampel. Maka dari itu, terdapat pengaruh yang signifikan model inside outside circle berbantuan media video terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas V SD Negeri di Gugus Mohammad Hatta Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model inside outside circle, media video, keaktifan belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Irma Susanti
Date Deposited: 28 Jul 2020 11:10
Last Modified: 28 Jul 2020 11:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2997

Actions (login required)

View Item View Item