PENGARUH MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PUZZLE SUKU KATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI GUGUS JENDERAL SUDIRMAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Utami, Ni Putu Mega Ari (2020) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PUZZLE SUKU KATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI GUGUS JENDERAL SUDIRMAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031362-COVER.pdf

Download (958kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031362-ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031362- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (390kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031362-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031362-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031362-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031362- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
1611031362-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031362-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model make a match berbantuan media puzzle suku kata terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas II SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan the post test only no treatment control group design. Populasi yang dilibatkan ialah seluruh siswa kelas kelas II SD tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 384 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik clusster random sampling dengan perolehan sampel yang dilibatkan sebanyak 53 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian keterampilan menulis permulaan Bahasa Indonesia. Data post-test keterampilan menulis permulaan Bahasa Indonesia dianalisis menggunakan uji-t tipe polled varians. Rata-rata skor post-test kelompok eksperimen sebesar 81,02 dan rata-rata skor post-test kelompok kontrol sebesar 66,59. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 5,406 dan pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan = 51 diperoleh ttabel = 1,675. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan media puzzle suku kata berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis permulaan Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri Gugus Jenderal Sudirman Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: make a match, puzzle suku kata, bahasa indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Mega Ari Utami
Date Deposited: 28 Jul 2020 11:21
Last Modified: 28 Jul 2020 11:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3007

Actions (login required)

View Item View Item