Intensitas Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini Ditinjau Dari Pola Asuh Dan Persepsi Orang Tua Mengenai Media Pembelajaran Elektronik Di Kabupaten Badung

Widiastiti, Ni Luh Gede Mita (2020) Intensitas Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini Ditinjau Dari Pola Asuh Dan Persepsi Orang Tua Mengenai Media Pembelajaran Elektronik Di Kabupaten Badung. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061024-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061024-ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061024-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061024-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET OLEH ANAK USIA DINI DITINJAU DARI POLA ASUH DAN PERSEPSI ORANG TUA MENGENAI MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK DI KABUPATEN BADUNG Oleh Ni Luh Gede Mita Widiastiti, NIM.1611061024 Jurusan Pendidikan Dasar ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara pola asuh demokratis dengan intensitas penggunaan gadget pada anak usia dini (2) hubungan antara persepsi orang tua mengenai media pembelajaran elektronik dengan intensitas penggunaan gadget pada anak usia dini (3) hubungan antara pola asuh demokratis dan persepsi mengenai media pembelajaran elektronik secara bersama-sama dengan intensitas penggunaan gadget oleh anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dan ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian terdiri dari 10.978 orang tua anak. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan multistage random sampling. Berdasarkan hasil di peroleh sebanyak 256,namun yang bersedia menjadi responden hanya 216 orang tua anak yang tersebar pada 10 TK yang berada di wilayah Kabupaten Badung. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan variabel pola asuh (X1), persepsi orang tua mengenai media pembelajaran elektronik (X2) sebagai variabel bebas dan intensitas penggunaan gadget (Y) sebagai variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh demokratis dengan intensitas penggunaan gadget dimana rhitung sebesar 0,151 dan rtabel dengan N=216 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,138 jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,151>0,138). (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi orang tua mengenai media pembelajaran elektronik dengan intensitas penggunaan gadget dimana rhitung sebesar 0,328 lebih besar dari rtabel N=216 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,138 jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,328>0,138). (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh demokratis dan persepsi orang tua mengenai media pembelajaran elektronik secara bersama-sama dengan intensitas penggunaan gadget, dimana Fhitung sebesar 12 ,84 sedangkan Ftabel dengan N=216 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 3,04 , jadi Fhitung lebih besar dari Ftabel (12,84 >3,04). Kata Kunci : Pola asuh demokratis , Persepsi orang tua ,Intensitas penggunaan Gadget ABSTRACT This study aims to determine (1) the relationship between democratic parenting with the intensity of the use of gadgets in early childhood (2) the relationship between parental perceptions about electronic learning media and the intensity of the use of gadgets in early childhood (3) the relationship between democratic parenting and perception of electronic learning media together with the intensity of the use of gadgets by early childhood. The method used in this study is the correlation and ex-post facto methods. The population used in the study consisted of 10,978 parents of children. Determination of the sample in this study using multistage random sampling. Based on the results obtained as many as 256, but those who are willing to become respondents only 216 parents of children spread across 10 kindergartens in the Badung regency. Data analysis techniques used to test hypotheses are product moment correlation techniques and multiple correlation analysis using parenting variables (X1), parents' perceptions of electronic learning media (X2) as independent variables and intensity of gadget usage (Y) as dependent variables. The results of this study indicate that (1) there is a positive and significant relationship between democratic parenting with the intensity of the use of gadgets where r count is 0.151 and rtable with N = 216 at a 5% significance level of 0.138 so r count is greater than rtable (0.151> 0.138) . (2) there is a positive and significant relationship between parents' perceptions about electronic learning media with the intensity of the use of gadgets where the r count of 0.328 is greater than rtable N = 216 at a significant level of 5% of 0.138 so the r count is greater than rtable (0.328> 0.138) . (3) there is a positive and significant relationship between democratic parenting and parents' perceptions of electronic learning media together with the intensity of the use of gadgets, where Fcount is 12.84 while Ftable with N = 216 with a significance level of 5% of 3, 04, so Fcount is greater than Ftable (12.84> 3.04). Keywords: Democratic parenting, Parents' perceptions, Intensity of gadget usage

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pola asuh demokratis, persepsi orang tua, intensitas penggunaan gadget
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: NI LUH GEDE MITA WIDIASTITI
Date Deposited: 28 Jul 2020 12:42
Last Modified: 28 Jul 2020 12:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3022

Actions (login required)

View Item View Item