Mulasari, Made Rika (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Univresitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031272-COVER.pdf Download (571kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031272-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031272-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (350kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031272-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031272-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (760kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031272-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031272-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031272-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031272-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tergolong penelitian kuantitatif atau berupa angka yang menggunakan eksperimen semu (quasi eksperiment) sebagai jenis penelitian dan dipilih non-equivalent control group design sebagai rancangan atau design. Seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara terdiri dari lima kelas dengan total sebanyak 182 orang menjadi populasi. Kelas V SD Negeri 1 Pedungan sebanyak 32 orang dan kelas V SD Negeri 9 Pedungan sebanyak 38 orang terpilih sebagai sampel. Jika semua populasi telah dinyatakan setara melalui uji beda mean (t-test) maka pengambilan sampel dengan cara pengundian secara acak bisa dilakukan. Dalam proses pengumpulan data, pemilihan metode tes digunakan sebagai instrument yang berbentuk tes essai dengan jumlah soal valid sebanyak 10 butir. Uji-t digunakan dalam analisis data penelitian ini dengan teknik analisis inferensial. Diperoleh analisis data yang menunjukkan rerata hasil belajar matematika pada kelompok yang diberi perlakuan model Means Ends Analysis mendapatkan hasil yaitu 81,81 sedangkan rerata kelompok yang dibelajarkan secara konvensional hasil belajarnya yaitu 74,15. Perolehan yang didapat melalui uji beda mean (t-test) yakni thitung>ttabel(2,632 > 2,000) dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 68 sehingga terjadi penolakan Hodan penerimaan Ha yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antar kedua kelompok sampel. Maka dari itu penerapan model Means Ends Analysis memberi pengaruh pada hasil belajar matematika kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2019/2020 dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan agar dijadikannya sebagai refrensi untuk menemukan inovasi yang memacu peningkatan kualitas pendidikan dari peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | means ends analysis, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Rika Mulasari |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 12:00 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 12:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3025 |
Actions (login required)
View Item |