PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 PEJENG KANGIN TAHUN AJARAN 2019/2020

DEWI, ANAK AGUNG ISTRI KRISTIANA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 PEJENG KANGIN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031398-COVER.pdf

Download (942kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031398-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031398-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031398-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031398-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031398-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031398-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031398-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031398-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian yaitu agar mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas III. Penelitian ini merupakan eksperimen jenis Pre-Eksperimental Designs dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah siswa kelas III yang berjumlah 32 orang. Sampel diambil dengan teknik sampel jenuh. Data keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa dikumpulkan dengan metode tes yaitu tes keterampilan berbicara. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 15,722 sedngkan ttabel = 2,042. Hal ini menandakan bahwa thitung = 15,722 > ttabel = 2, 042 maka H0 ditolak. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara bahasa Indonesia sebelum siswa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing berbantuan media audio visual dan sesudah menggunakan model pembelajaran Role Playing berbantuan media audio visual. Jadi bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Role Playing berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berbicara bahasa Indoneisa siswa kelas III semester genap tahun ajaran 2019/2020. Maka, keterampilan berbicara siswa yang rendah dapat diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual. Temuan ini berimplikasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas III yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan kajian hasil penelitian relevan oleh peneliti lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, role playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Anak Agung Istri Kristiana Dewi
Date Deposited: 28 Jul 2020 15:14
Last Modified: 28 Jul 2020 15:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3042

Actions (login required)

View Item View Item