Verawati, Ni Komang Rai (2020) HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN SUSUT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
This is the latest version of this item.
Text (COVER)
1611031074-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031074-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (192kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031074-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031074-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (45kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031074-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubugan antara minat baca degan hasil berlajar Ilmu Pengetahuan Sosial, hubugan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, serta hubungan antara minat baca dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Susut tahun pelajaran 2019/2020. Terdapat tiga variabel yang diteliti pada penelitian ini yaitu, minat baca (X1) dan motivasi berprestasi (X2) sebagai variabel bebas, serta hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Y) sebagai variabel terikat, dengan jenis penelitian expost fact. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskrptif dan analisis statistik inferensial regresi sederhana dan regresi berganda. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 127orang dan diperoleh sampel dengan teknik propotional random sampling sejumlah 114 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dengan rhitung sebesar 0,512 lebih besar dari rtabel sebesar 0,1548, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dengan rhitung sebesar 0,576 lebih besar dari rtabel sebesar 0,1548, serta (3) secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dengan rhitung sebesar 0,625 lebih besar dari rtabel sebesar 0,1548. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifika antara minat baca dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, serta terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Susut tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: minat baca, motivasi berprestasi, hasil belajar, ilmu pengetahuan sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Rai Verawati |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 14:23 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 14:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3050 |
Available Versions of this Item
- HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN SUSUT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. (deposited 28 Jul 2020 14:23) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |