Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020

Sumasningtyas, Ni Luh Regita (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031288-COVER.pdf

Download (773kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031288-ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031288-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031288-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031288-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031288-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031288-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031288-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031288-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Diadakannya penelitian ini ialah untuk menjawab permasalahan penelitian yang tujuannya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dari penelitian ini ialah seluruh kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 191 siswa yang terdistribusi kedalam 6 kelas. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan perolehan sampel ialah kelas IV SD Negeri 14 Pedungan sebagai kelompok eksperimen sebanyak siswa 34 siswa dan kelas IV SD Negeri 1 Pedungan sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk menggumpulkan data adalah tes kompetensi pengetahuan IPA. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan uji-t rumus polled varians. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung= 3,71 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 34 + 36 – 2 = 68 diperoleh ttabel = 1,67. Hasil analisis menunjukan thitung = 3,71 > ttabel 1,67, maka H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA anatara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Quantum Teaching berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan Tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata skor post-test kompetensi pengetahuan IPA yang diperoleh kelompok eksperimen = 82,79 lebih besar dari rata-rata skor post-test kelompok kontrol = 74,78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Quantum Teaching, Audio Visual, kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Regita Sumasningtyas
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:29
Last Modified: 29 Jul 2020 03:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3077

Actions (login required)

View Item View Item