PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING BERSTRATEGI FLIPPED CLASSROOM UNTUK PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 4 SINGARAJA

YUNITAMI, NI LUH (2020) PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING BERSTRATEGI FLIPPED CLASSROOM UNTUK PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051035-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051035-ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051035- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051035- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan konten pembelajaran sejarah (2) Mendeskripsikan kepraktisan konten pembelajaran sejarah (3) menguji efektivitas konten pembelajaran e-learning berstrategi flipped classroom pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian sebanyak 25 peserta didik kelas X Mipa 5 SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini telah melalui tahap uji ahli isi, uji ahli media dan uji ahli desain pembelajaran dengan hasil rata-rata sebesar 100% yang artinya masuk ke kategori sangat tinggi. Kemudian dilakukan uji perorangan dengan persentase 88% yang masuk kategori baik serta uji kelompok kecil dan lapangan yang masuk kategori sangat baik. Dilakukan pula pengujian pretest dan posttest dengan memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,78 yang masuk kategori Tinggi. Setelah itu dilakukan pula uji respon guru. dan respon peserta didik yang keduanya memperoleh kriteria sangat positif. hal ini menunjukkan bahwa konten elearning yang telah dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran Sejarah dengan strategi flipped classroom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LA History of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ni Luh Yunitami
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:12
Last Modified: 29 Jul 2020 03:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3102

Actions (login required)

View Item View Item